BEASISWA SARJANA DESA

  • 2 min read
  • Feb 10, 2022

BEASISWA SARJANA DESA

Pengantar

Arah pembangunan perdesaan di Indonesia bertumpu kepada pencapaian 18 tujuan SDGs Desa yang mampu berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dalam pencapaian ini tentu memerlukan sumber daya manusia (SDM) pedesaan yang berkualitas dan berdaya saing.

Komitmen untuk peningkatan SDM Pedesaan ini diwujudkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengembangkan program Afirmasi Pendidikan Tinggi untuk Perangkat Desa.

Melalui Afirmasi pendidikan tinggi ini, memungkinkan Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, Pengurus BUMDES dan Pendamping Desa dapat menempuh Pendidikan Tinggi tingkat sarjana (S1) dengan lebih mudah.

Sebagai implementasi program Afirmasi Pendidikan Tinggi untuk perangkat Desa, Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Ahmad Dahlan Jakarta mencanangkan program Beasiswa Sarjana Desa yaitu program beasiswa kuliah online yang diperuntukkan bagi Kepala Desa, perangkat Desa, BPD, pengurus BUMDES, dan Pendamping Desa.

Melalui program beasiswa Sarjana Desa yang didesain dengan kurikulum khusus beroreintasi pembangunan desa, memungkinkan peserta program dapat secara langsung mempraktikkan ilmu yang diperolehnya dalam proses pembangunan desa.

Dengan sistem perkuliahan blended learning berbasis virtual, memungkinkan Kepala Desa, perangkat Desa, BPD, pengurus BUMDES, dan Pendamping Desa dapat mengikuti proses perkuliahan dengan lebih mudah, efektif dan efisien, kapanpun dan dimanapun.

Program Beasiswa Sarjana Desa ini salah satu kontribusi ITB Ahmad Dahlan dalam pencapaian target SDGs desa yang pada akhirnya bermuara pada pencapaian SDGs Nasional.

Bentuk Beasiswa

  1. Subsidi Biaya Pendidikan
    • Subsisi pendidikan peserta program Sarjana Desa meliputi :
      a. Gratis biaya gedung/biaya pengembangan
      b. Subsidi biaya kuliah 50 Persen lebih ( Hanya tinggal Rp. 500.000/bulan)
  2. Beasiswa Pendidikan dan pelatihan
    • Peserta program Sarjana Desa gratis mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan skill dan kompetensi peserta program Sarjana Desa.
  3. Beasiswa Kursus Bahasa Asing
    • Peserta program Sarjana Desa gratis mengikuti kursus bahasa asing (bahasa inggris) bersertifikat internasional.

Siapa peserta yang boleh ikut?

  1. Kepala Desa
  2. Perangkat Desa
  3. Pimpinan dan anggota BPD
  4. Pengurus dan Pengelola BUMDES
  5. Pendamping Desa

Program Studi

  1. S1- Manajemen, dengan kosentrasi Manajemen Pembangunan Desa dan Manajemen BUMDES
  2. S1 – Akuntansi dengan kosentrasi Akuntansi Keuangan Desa dan BUMDES.

Info Selengkapnya dibawah ini:

Sumber: https://itb-ad.id/sarjana-desa/

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *