Beranda Pendamping Desa Ratusan Tenaga Ahli Pendamping Desa Ikuti Rakor Refresh dan Outbond

Ratusan Tenaga Ahli Pendamping Desa Ikuti Rakor Refresh dan Outbond

737
0
BAGIKAN
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) refresh dan outbond di Pantai Duta Desa Randutatah Kecamatan Paiton, Kamis (10/10/2019).
Kegiatan ini diikuti oleh 149 orang terdiri dari Tenaga Ahli (TA), pendamping desa serta Pendamping Lokal Desa (PLD) se-Kabupaten Probolinggo. Selain melakukan rakor, mereka juga mengikuti outbond untuk lebih meningkatkan kekompakan dan kebersamaan diantara para pendamping.
Sekretaris DPMD Kabupaten Probolinggo Syamsul Huda mengatakan tenaga pendamping desa ini merupakan mitra dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo dalam melakukan pendampingan di desa. Terutama kegiatan pemutakhiran Indek Membangun Desa (IDM) Kabupaten Probolinggo.
“Kegiatan ini bertujuan sebagai sarana evaluasi kinerja pendamping desa di Kabupaten Probolinggo. Harapannya nanti terbangun sinergitas dan koordinasi yang lebih baik lagi dalam rangka membantu pelaksanaan pembangunan desa di Kabupaten Probolinggo agar desa-desa lebih maju,” katanya.
Menurut Syamsul Huda, saat ini yang banyak mendapatkan perhatian adalah tingkat kemajuan desa yang tertuang dalam IDM. Sebab IDM ini merupakan salah satu indikator kinerja dari Bupati Probolinggo. Sehingga ke depan akan lebih memperbanyak tingkat kemajuan desa untuk meningkatkan strata IDM.
“Dalam IDM ini banyak indikator untuk kemajuan desa. Yang sudah tinggi akan terus kita pertahankan dan lebih ditingkatkan. Sementara yang masih rendah akan kita bantu untuk memperbaikinya. Sehingga ke depan IDM bisa lebih meningkat lagi,” tegasnya.
Syamsul Huda mengharapkan tenaga pendamping desa ini bisa terus membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan pembangunan desa. “Jika dikaitkan dengan RPJMD, hal ini merupakan sasaran keenam dalam mewujudkan kemandirian desa,” tambahnya,
Sementara Tenaga Ahli (TA) Pelayanan Sosial Dasar (PSD) Kabupaten Probolinggo Mistria Harmonis mengungkapkan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja, semangat dan kekompakan agar lebih fresh dalam melaksanakan pendampingan ke desa.
“Tentunya kami sangat bersyukur karena DPMD Kabupaten Probolinggo telah memfasilitasi kegiatan ini. Sekali-kali memang perlu untuk refreshing, baik otak maupun pikiran. Harapannya dengan kegiatan ini dapat terjalin keakraban antara satu pendamping dengan pendamping lain sehingga lebih mempermudah koordinasi dan komunikasi antara PA, PD dan PLD di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.
Mistria Harmonis menilai kegiatan semacam ini sangat bermanfaat sekali bagi para pendamping desa. Sebab dengan kegiatan ini, mereka mampu menyampaikan keluhan-keluhan yang dihadapi di lapangan.
“Ini merupakan bentuk apresiasi dari DPMD Kabupaten Probolinggo agar kinerja pendamping desa atas tugasnya melakukan pemutakhiran dalam peningkatan strata desa berupa IDM. Apalagi ada target untuk meningkatkan kembali IDM di tahun berikutnya. Minimal mandiri 15 desa, maju 100 desa, berkembang 210 serta tidak ada desa tertinggal,” pungkasnya. (mel/nis).
sumber: https://kumparan.com/kabarpaspasuruan/ratusan-tenaga-ahli-pendamping-desa-ikuti-rakor-refresh-dan-outbond-1s2JITEv8YE

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here