Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KemendesPDTT) meluncurkan portal website untuk memberikan gambaran perkembangan desa. beralamat di sid.kemendesa.go.id , Website tersebut berisi tentang deskripsi desa, penggunaan dana desa, SDGs, penerima bantuan BLT DDS by name by addres.

berikut ini adalah gambaran website sid.kemendesa.go.id :

tampilan depan website sid.kemendesa.go.id

untuk memulai pencarian sangat mudah, tinggal pilih nama provinsi, nama kabupaten, nama kecamatan dan nama desa yang ingin kamu ketahui perkembangannya.

 

Setalah pilih desa, anda akan dihadapkan dengan informasi deskripsi desa. selain itu pada icon diatas terdapat beberapa fitur diantaranya HOME yang berarti akan kembali ke halaman depan, DESKRIPSI DESA memberikan informasi singkat terkait desa.

 

REKOMENDASI, berisi tentang informasi yang diambil dari hasil pendataan Indeks Desa Membangun Kemendesa. mulai dari nama desa, status kemajuan desa serta skor hasil pendataan. Data ini dapat menggabarkan perkembangan desa secara detail dan terukur.

 

SDGs, memberikan informasi terkait pembangunan berkelanjutan. data ini diambil dari sumber; Podes 2018, Kor Podes 2019, Data DTKS Kemensos, Data Stunting Kemenkes, IDM 2020 Kemendesa PDTT.

 

DANA DESA, memuat iformasi seputar pagu dana desa dari tahun 2015 sampai dengan sekarang. sumber kompilasi data dari SIPEDE KemendesaPDTT. selain itu, pengunjung akan diberikan gambaran tentang penggunaan dana desa sesuai dengan tahun yang dipilih.

 

 

APBDES, memuat informasi tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa. informasi akan didapat sesuai dengan tahun yang dipilih. berisi tentang keseluruhan anggaran desa dari sumber Dana Desa, Alokasi Dana Desa, Pajak Bagi Hasil, DLL.

 

BUMDes, memberikan informasi seputar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). meliputi nama desa, nomor register (jika sudah terdaftar), SOP, ADART dll.

 

BLT DD, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa memuat informasi penerima bantuan BLT DD berdasarkan nama dan berdasar NIK (Nomor Induk Kependudukan). selain itu, informasi akan disajikan lengkap beserta alamat penerima bantuan. BLT DD mulai muncul di tahun 2020 dimulai april sampai desember 2020.

 

dengan adanya open data ini, harapannya dapat memberikan informasi kepada masyarakat secara riil dan detail. masyarakat dapat ikut memantau perkembangan desa dan berpartisipasi dalam proses pembangunan desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *